Thursday, January 17, 2013

Pentingnya Menumbuhkan minat belajar Pada siswa



Guru adalah pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada umumnya seorang guru dalam melaksanakan tugas mengajar di dalam kelas dapat diterima oleh murid dalam suasana menyanangkan.

Fenomena semacam ini Nampak pada proses belajar mengajar berlangsung dimana, saat guru menyampaikan pelajaran murid kelihatan acuh dalam menerima pelajaran bahkan terkadang ada yang melamun atau berbicara sendiri dan sebagainya.

Dalam hal ini guru diharapkan mampu menumbuhkan dan mengembangkan minat siswa dalam belajar, sebab minat besar sekali pengaruhnya terhadap belajar, karena dengan minat seseorang tidak mungkin melakukan sesuatu. Melihat bahwa minat siswa merupakan faktor utama yang menentukan derajat keaktifan belajar siswa, jadi efektif merupakan faktor yang menentukan keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar. Dengan demikian guru sendiri hendaknya berusaha membangkitkan minat anak terhadap belajar.
Seorang guru juga harus mampu menimbulkan atau meningkatkan perhatian yang besar, siswa akan melakukan pengamatan yang lebih baik, sehingga proses belajar mengajar dan hasil pembelajaran akan berhasil.

Oleh karena itu guru hendaknya selalu mengusahakan agar siswa senantiasa memberikan perhatian yang besar. Rangsangan-rangsangan yang diberikan guru, hendaknya juga dapat menarik perhatian siswa dengan cara menggunakan berbagai metode mengajar, menggunakan media atau alat bantu mengajar, menggunakan suara dan gaya mengajar yang baik, menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan sebagainya.
Maka dari itu seorang guru harus dibekali dengan kemampuan dasar (kompetensi) guru yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional yang diperoleh melalui pendidikan profesi (PPRI No 74 Tahun 2008).

Selain itu guru harus peka dan tanggap terhadap perubahan-perubahan, pembaruan serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sejalan dengan tuntunan kebutuhan masyarakat dan perkembangan zaman, disinilah tugas guru untuk senantiasa meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan atau meningkatkan kualitas pendidikannya sehingga apa yang diberikan kepada siswanya tidak terlalu ketinggalan dalam perkembangan kemajuan zaman.

Dengan bermodalkan kewibawaan dan kemampuan unutuk mengembangkan diri, insya Allah guru akan senantiasa dihormati serta mendapat kepercayaan dari masyarakat kapan lagi kalau tidak sejak saat ini untuk meningkatkan kompetensi professional dan tingkat pendidikan yang lebih tinggi dari persyaratan minimal, sehingga dengan upaya ini diharapkan akan menjadi guru yang betul-betul professional. 

Dan dengan begitu juga seorang guru akan bisa melaksanakan fungsinya sebagai guru tenaga professional yang bertujuan untuk melaksanakan sistem pendidikan nasional dan mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.
Kenyataannya hal ini tidak semua guru memiliki kompetensi sebagaimana diatas hal ini dapat dimaklumi karena setiap guru memiliki kemampuan yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

rate